Kamu Paling Suka Ikut yang Mana?

Hai ReCharger!

Kalau bicara tentang Ramadan, setiap orang pasti punya kesan masing-masing. Tetapi kalau kebiasaan-kebiasaan pas Ramadan yang cuma ada di Indonesia, masih masing-masing gak yah jawabannya? Hihihi berikut ini beberapa kebiaasaan Ramadan yang khas Indonesia banget! Alias bakal susah ditemuin kalo kamu lagi di negara lain. Yuk kita flashback ada apa aja!

1. Ngabuburit

Siapa yang kalau puasa gak pernah absen buat ngabuburit? Istilah ngabuburit ini pastinya udah gak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Kenapa? Karena istilah ini berasal dari tanah Sunda, “burit”, yang artinya waktu sore, senja, atau menjelang Maghrib (sumber:www.goodnewsfromindonesia.id).

Sumber: unsplash.com/Eliott Reyna

Kalau kata orang tua jaman dulu sih, istilah ngabuburit identik sama anak-anak yang tiap sore pergi ke Surau untuk ngaji bersama-sama dan dibimbing oleh guru selama bulan Ramadan supaya mereka lupa sama rasa laparnya. Tapi kalo jaman sekarang istilah ngabuburit udah lebih banyak kegiatannya, salah satunya hang out bareng temen sambil nungguin waktu berbuka tiba. Hihihi, gimana? Bahas ngabuburit udah berasa Indonesia banget belom?

2. Bukber

Nah ini dia salah satu hal yang paling gak boleh dilewatin saat bulan Ramadan. Bukber atau Buka Bersama selain untuk melepas rasa lapar setelah seharian berpuasa, ternyata juga bisa menjadi solusi yang tepat untuk menyambung tali silaturahmi loh!

Sumber: unsplash.com/ Dan Gold

Buktinya acara Bukber di Indonesia gak cukup sekali. Abis bukber sama temen kuliah, besoknya kamu bakal ada jadwal bukber kantor, lusa ada bukber temen SMA, terus jangan lupa bukber Karang Taruna RT, dannnn masih banyak lagi! Udah ngaku aja, kamu ngalamin juga kan? Tapi ingat. Bukber sih sah-sah aja, asal sholat Maghrib dan tarawihnya jangan kelupaan yah. Oh iya ada juga bagian sedih dari bukber. Saking banyaknya temen yang ngajakin buat bukber, coba deh kamu liat orang-orang yang diajakin kebanyakan pada jawab apa. “Gue sih ngikut aja”, “Bebas”, “Terserah” , terus aja kayak gitu sampe ujung-ujungnya cuma jadi wacana 🙁

3. Ziarah atau Nyekar

Sebelum Ramadan tiba, biasanya orang-orang di Indonesia ramai berbondong-bondong untuk melakukan ziarah atau nyekar ke makam keluarga, pahlawan, dan juga makam para Wali.

Sumber: unsplash.com/Discovering Film

Sebenernya sih ziarah atau nyekar bukan hal yang salah, justru bisa mengingatkan kita akan kehidupan yang hanya sementara. Tapi kalo kamu niat nyekar hanya untuk meminta wejangan orang yang sudah tiada, itu yang salah. Orang yang sudah gak ada di dunia sebaiknya kita doakan supaya arwahnya tenang di sisi-Nya. Bukannya malah kamu bawa-bawa buat mikirin urusan kamu yah.

4. Keliling Bangunin Sahur

Sahur….Sahur. Aduh kangen banget gak sih sama suara ini? Setiap waktu sahur tiba, biasanya suka ada suara anak kecil bahkan sampe bapak-bapak yang keliling muterin rumah-rumah khusus buat bangunin sahur. Gak lupa juga deh sama atribut bangunin sahurnya. Supaya suara yang dihasilkan jadi makin menggelegar! Ada kentongan, toa, galon, ember, dan masih banyak lagi. Kamu pernah ikutan juga gak?

Sumber: unsplash.com/Melany Rochester

Itu dia beberapa kebiasaan Ramadan yang gak pernah absen hadir di Indonesia. Selain berkesan, bisa juga loh jadi pemicu semangat buat menjalankan ibadah puasa. Nah, kalo kamu aja udah semangat, masa baterai HP kamu enggak? Walaupun sedang berpuasa, aktivitas kamu tetep lanjut terus kan? Jangan sampe di tengah-tengah aktivitas kamu yang padat, malah jadi kehambat karena lowbatt.

Hihihi untung Power Bank ReCharge siap #CegahLowbatt kapan aja dan dimana aja! Udah gitu kamu bakalan ditemenin seharian dengan berbagai promo menarik. Mulai dari BERSAPA (Bebas Bayar Setengah Jam Pertama), KOPER SAHUR (Kode Promo Saat Sahur), KOPER BUKA (Kode Promo Habis Buka), dan gak lupa ada GESIT (Gratis Sewa Setelah Top Up). Untuk tau info promonya lebih lanjut, klik link di sini yah.

Promo-promo ini bisa banget loh kamu manfaatin biar gak diganggu lowbatt dikala khusyu menghafal surat-surat pendek dari aplikasi Al-Quran online atau pas lagi mau order menu berbuka bersama kaum dhuafa supaya jadi #TambahBaik di Ramadan tahun ini.