Supaya Ibadah Kamu Gak Sia-Sia!

 

Hai ReCharger!

Gimana puasa kamu sejauh ini? Menyenangkan? Atau malah….udah ada yang kalah dan banyak batalnya? Wah yaudah biar jadi rahasia kamu aja yah. Hihihi Mincha (Adminnya ReCharge) tutup mata aja deh supaya gak tau. Nah ternyata banyak banget hal yang bisa bikin kamu batal puasa, salah satunya emosi yang kelewat membara karena kesel sama suatu hal. Sebenernya gak ada salahnya kalo kamu kesel, marah, atau kecewa karena sesuatu. Namanya juga manusia yang punya hati, emosi, dan perasaan. Cuma, yang jadi masalahnya adalah kalo semua itu udah kelewat batas. Misalkan saking keselnya sama macet, kamu sampe marah-marahin semua orang seisi rumah. Yang bikin kesel siapa, kok yang kena imbasnya orang rumah?

Jangan kayak gitu ya ReCharger. Sayang banget kan kamu udah berpuasa dari pagi tapi karena gak bisa nahan emosi, puasa kamu malah jadi sia-sia. Nah, berikut ada tips buat kamu supaya bisa jaga emosi pas lagi berpuasa. Yuk kita baca sama-sama!

1. Atur Pernafasan

Sumber: unsplash.com/Eli DeFaria

Betul banget! Saat kamu kelewat emosi, atur pernafasan adalah pertolongan pertama yang paling tepat. Menurut yang Mincha pelajarin dari health.detik.com, cara atur pernafasan saat kamu lagi di luar rumah gampang banget loh:

– Tarik nafas dalam-dalam melalui hidung

– Tahan sejenak kurang lebih 3-5 detik

– Hembuskan secara perlahan selama 5 detik  sambil memikirkan kamu sedang dalam

 keadaan damai.

Mincha juga suka nerapin ini loh kalo pagi-pagi di kereta penuh, terus didorong-dorong sama penumpang lain. Wah yang tadinya kesel bawaannya pengen bales dorong juga, jadi gak jadi deh. Pokonya, sabar…sabar. Jangan biarkan emosi menguasaimu sampai-sampai kamu berubah jadi Godzilla karena murka ya ReCharger.

2. Curhat

Sumber: unsplash.com/Bewakoof.com Official

Pernah gak sih kamu lagi kesel banget terus bawaanya pengen mukul atau lempar sesuatu? Nah, itu namanya mencari pelampiasan. Awas hati-hati, salah sedikit nanti yang kena malah orang yang gak salah sama sekali. “Terus gimana dong cara ngelampiasinnya?”, jawabannya gampang. Curhatin aja! Cari temen atau sahabat mana yang paling bisa kamu percaya, siapa tau mereka bisa kasih kamu solusi jitu buat redam emosi yang menggebu-gebu. Kalo pun mereka gak bisa kasih kamu solusi, paling gak mereka bisa dengerin masalah kamu dan rasa kesel yang kamu punya jadi tersalurkan lewat cerita. Ingat kekesalan jangan pernah dipendam ReCharger, kalo udah numpuk nanti malah jadi penyakit loh.

3. Dengerin Jokes dari Temen

Sumber:unsplash.com/Priscilla Du Preez

Kamu punya temen yang hobinya ngomong terus kayak Beo? Setiap kata yang keluar dari mulutnya selalu bikin ketawa? Wah temen kayak gini sih jangan disia-siain bakatnya. Cobain deh pas kamu lagi kesel, kamu liatin aja terus mukanya. Hitung sampai tiga, pasti dia bakalan heran sambil nanya kenapa dan gak usah nunggu lama-lama kemampuan emasnya buat bikin kita ketawa bakal keluar dengan sendirinya. Awalnya kita yang lagi kesel banget, cuma dengerin dia ngomong sambil liat mukanya aja udah bisa bikin kita ketawa. Langsung deh minta dia bukan ceritain jokes aneh yang dia punya. Dijamin kamu bakalan lupa sama segala kekesalan yang ada. Lumayan kan, udah ngehibur gratis pula.

4. Liatin Foto Artis Idola Kamu

Sumber: www.freepik.com

Kyaaaa! Oppa~

Woww! Noona~

Hayooo siapa yang tergila-gila sama gantengnya para oppa dan cantiknya noona Korea? Aduhhh tos dong Mincha juga sama! Atau kamu ngefansnya sama artis tanah air? Pemain film Hollywood? Artis Bollywood? Wahh sama juga! Nah, dari pada keinget muka orang yang bikin kamu kesel terus, mendingan liatin foto idola kamu aja. Aduhhh rasanya benar-benar tidak sulit yah meredam emosi di dalam jiwa. Hmm, kalo bisa sekalian aja foto artis idola kamu itu dicetak, terus pajang di dompet aja deh ReCharger!

5. Dengerin Musik

Sumber: unsplash.com/Alex Blăjan

Siapa sih yang gak pernah dengerin musik? Kapanpun dan dimanapun dengerin musik emang seru. Gak heran kalo banyak orang merasa punya lagu andalan buat ngegambarin kondisi hati masing-masing. Misalkan kalo hati lagi ceria pasti dengerinnya lagu-lagu dengan melodi yang menggambarkan perasaan semangat, sebaliknya kalo lagi sedih langsung deh dengerin lagu-lagu galau. Hal ini juga berlaku kalo kamu lagi kesel. Daripada tenaga kamu habis buat marah-marah, mending ambil HP dan headset kamu dan pilih musik yang bisa bikin kamu rileks lagi contohnya musik instrumental karya pianis ternama Yiruma. Atau pilih lagu musisi lokal juga banyak kok yang bisa bikin kamu rileks contohnya lagu Semesta dari Maliq & d’essentials.

 

“Nah, terus gimana kalo lagi enak-enak dengerin lagu eh tiba-tiba HP-nya lowbatt? Boleh dong emosi lagi?”, eitss jangannn. Baru juga padam sebentar masa udah kebakar lagi emosinya. Kenapa lowbatt harus pake emosi kalo #AdaReCharge yang selalu siap hadir di sisi? Tinggal buka aplikasi ReCharger, klik Find/Cari, ketemu deh sama ReCharge Station terdekat! Tunggu apalagi? Yuk #CegahLowbatt tanpa emosi dan jadi #TambahBaik bareng ReCharge~