Masalah charge HP mana yang lebih enak menggunakan charger atau powerbank mungkin masih menjadi perdebatan bagi banyak orang. Apalagi banyak yang mulai membanding-bandingkan kelebihan dari keduanya. Meskipun sebenarnya kedua hal ini memiliki kelebihannya masing-masing.

Charger sendiri sudah menjadi alat bawaan dari HP yang berfungsi untuk membantu pengisian daya.  Sedangkan powerbank menjadi alat yang merupakan ‘sumber listrik’ sementara yang menjadi tren akhir-akhir ini. Ia dianggap sebagai solusi praktis kebutuhan listrik bagi HP. Namun, sebenarnya bagaimana jika kedua alat ini dibandingkan dalam kondisi tertentu? Simak ulasan berikut ini yuk.

Mengenal Charger Dan Powerbank

Sebelum membandingkan antara charger dan powerbank baiknya mengenal lebih dahulu mengenai kedua alat ini. Mungkin keduanya sudah cukup familiar dan banyak ditemui. Namun, tak sedikit juga yang sebenarnya belum paham benar terkait dengan definisi dari alat-alat tersebut.

Charger HP adalah alat yang digunakan untuk mengisi baterai HP. Caranya adalah dengan memasukkan arus listrik ke dalam baterai HP dengan menjadikan dirinya sebagai alat perantara. Setiap charger umumnya memiliki bentuk port yang berbeda sesuai spesifikasi HP dari charger tersebut. Charger juga memiliki ‘kriteria’ tertentu yang sesuai dengan HP dari charger tersebut.

Selanjutnya akan dibahas terkait powerbank. Jadi powerbank merupakan alat yang digunakan untuk memasok arus listrik pada baterai HP. Namun, di sini powerbank berbeda dengan charger. Karena ia selain menjadi perantara lewat port yang dimilikinya juga menjadi sumber dari listrik yang dihasilkan. Dapat dikatakan jika powerbank adalah pengisi daya portable untuk HP.

Untuk charger biasanya turut menjadi satu paket dengan HP yang dibeli. Hampir dapat dipastikan jika HP baru yang dibeli dari toko akan dilengkapi dengan charger. Sedangkan untuk powerbank sendiri tidak demikian. Karena powerbank bukan menjadi bagian ‘paket’ HP. Namun, tak perlu khawatir karena alat pengisi daya portable yang satu ini dijual bebas di pasaran.

Membandingkan Charge HP dengan Charger Dan Powerbank

Ada banyak faktor yang dapat digunakan untuk membandingkan antara charger HP serta powerbank untuk melakukan charge HP. Beberapa hal di bawah ini adalah beberapa di antaranya. Lalu bagaimana hasil yang didapat dari faktor-faktor berikut? Inilah jawabannya

1.Kemudahan Yang Diberikan

Pertama mari membahas masalah kemudahan yang diberikan. Memang masing-masing memiliki kemudahan tersendiri. Namun, dalam keadaan tertentu harus diakui jika powerbank memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya. Di sini penggunaan powernbank lebih tidak ribet.

Tinggal membawa perangkat powerbank maka sudah dilengkapi dengan kabel data yang dapat langsung digunakan. Powerbank juga memberikan kemudahan dengan dapat melakukan charge HP dimana saja. Jadi tidak perlu ribet untuk mencari colokan saat baterai HP dalam kondisi sekarat.

2. Efisiensi

Kemudian yang selanjutnya perlu diperhatikan adalah masalah efisiensi. Memang menggunakan charger baik dilakukan jika di dalam rumah atau tempat yang memungkinkan. Namun, perlu diingat jika charger tidak bisa dibawa kemana saja. Nah ini yang perlu diperhatikan. Menunggu HP yang sedang dicharger tentu tidak efisien. Apalagi jika berada di tempat umum seperti cafe.

Efisiensi ternyata lebih dimiliki powerbank di sini. Karena powerbank dapat dibawa kemana pun tanpa perlu takut meninggalkannya di colokan saat di tempat umum. Selain itu powerbank juga dapat membuat hape bisa digunakan kapan pun dan dimana pun. Karena ia dapat dengan mudah dibawa kemana saja tanpa perlu ribet dengan kabel.

3. Lama Pengisian Baterai

Dibandingkan charger, powerbank memiliki pengisian baterai yang lebih cepat. Ini karena powerbank memiliki spesifikasi high power. Sehingga menghasilkan kapasitas mAh yang besar. Jadi proses charge HP pun berjalan dengan lebih cepat. Ini pastinya membuat waktu charge lebih efisien. Sehingga tidak perlu lagi menunggu lama.

Tentu semakin cepat proses charge maka HP akan semakin cepat dapat digunakan kembali. Ini akan sangat membantu apalagi bagi yang memiliki waktu terbatas atau keperluan lainnya. Tak perlu lagi menunggu lama saat ingin menggunakan HP yang lowbat, bukan?

4. Pertimbangan Port

Masalah port menjadi salah satu masalah yang harus disoroti. Ini karena masalah port penting saat akan melakukan charge. Memang tidak semua charger cocok untuk semua HP. Ini karena bentuk port yang berbeda-beda. Sehingga saat akan melakukan charge harus menyesuaikan dengan bentuk dari tempat charge yang ada.

Namun, berbeda dengan yang ada di powerbank. Ini karena banyak powerbank yang memiliki port yang dapat diakses oleh semua jenis model charge pada HP. Umumnya setiap powerbank dilengkapi dengan satu port universal. Tapi, selain port universal tersebut ada beberapa ‘lubang’ lain dalam powerbank. Sehingga dapat digunakan untuk banyak charge sekaligus.

Masalah port universal, serta charge yang banyak dari powerbank ini tentu memudahkan penggunanya. Tak hanya dapat melakukan banyak charge sekaligus. Namun, juga membuat pengguna tak perlu ribet mencari port untuk menggunakannya. Ini karena biasanya setiap powerbank sudah dilengkapi dengan port universal.

5. Penggunaan Dalam Keadaan Darurat

Dalam keadaan darurat tentu powerbank lebih dapat diandalkan dibanding charger. Misalnya dalam kondisi mati lampu atau di tempat yang tanpa listrik. Di sini powerbank menjadi salah perangkat yang tepat untuk menjaga agar HP tetap dapat digunakan. Wah, dapat menjadi solusi bagus bukan untuk kebutuhan agar HP terus terjaga?

Memang untuk kebutuhan charge HP, baik charger maupun powerbank memiliki kelebihan masing-masing. Namun, saat ini powerbank memang banyak diandalkan karena praktis dan dapat dibawa kemana saja. Apalagi ini dapat menjadi solusi bagus bagi yang sedang dalam kondisi darurat dan tak menemukan colokan untuk charger HP.

Untuk kamu lebih suka pakai charger atau powerbank? comment di bawah ini ya