Kamu Tim Charger atau Tim Power Bank, nih?

Masalah pengisian baterai Hp menggunakan charger atau power bank mungkin masih menjadi perdebatan bagi banyak orang. Terlebih lagi mulai muncul banyak perbandingan dari keduanya. Meskipun sebenarnya kedua alat ini memiliki kelebihan masing-masing.

Charger sudah menjadi alat bawaan dari ponsel yang berfungsi untuk membantu pengisian baterai.  Sedangkan power bank lebih dikenal sebagai “sumber listrik” sementara yang menjadi tren belakangan ini karena dianggap sebagai solusi praktis untuk memenuhi kebutuhan listrik Hp kamu. Nah, kira-kira gimana ya perbandingan kedua alat ini? Simak ulasan berikut ini yuk!

Mengenal Charger dan Power Bank

Sebelum membandingkan antara charger dan power bank, ada baiknya kamu kenali lebih dulu mengenai kedua alat ini. Mungkin keduanya sudah cukup familiar dan banyak ditemui. Namun, gak sedikit pula yang masih belum memahami definisi dari alat-alat tersebut.

Charger Hp adalah alat yang digunakan khusus untuk mengisi baterai pada Hp. Caranya dengan memasukkan arus listrik ke dalam baterai Hp sebagai alat perantara. Setiap charger umumnya memiliki bentuk port yang berbeda serta kriteria tersendiri yang telah disesuaikan dengan spesifikasi pada Hp dari charger tersebut.

Berbeda dengan charger, power bank merupakan alat yang digunakan untuk memasok arus listrik pada baterai ponsel. Selain menjadi perantara lewat port yang dimilikinya, power bank juga menjadi sumber listrik untuk Hp kamu loh. Bisa dikatakan bahwa power bank adalah pengisi daya portabel yang praktis untuk Hp kamu.

Charger biasanya sudah menjadi satu paket dengan Hp yang telah kamu beli. Bisa dipastikan setiap Hp yang baru dibeli dari toko akan dilengkapi dengan charger. Sedangkan untuk power bank tidak demikian. Karena power bank bukan menjadi bagian ‘paket’ dari ponsel. Namun, gak perlu khawatir karena alat pengisi daya portabel yang satu ini dijual bebas di pasaran.

Membandingkan Charger dengan Power Bank

Ada banyak faktor yang dapat kamu gunakan untuk membandingkan antara charger ponsel dengan power bank dalam melakukan charge Hp. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kamu gunakan untuk membandingkannya:

1.Kemudahan Yang Diberikan

Pertama, mari membahas soal kemudahan yang diberikan. Baik charger Hp maupun power bank, masing-masing memiliki kemudahan tersendiri. Namun, dalam situasi tertentu seperti saat kamu lagi di tengah-tengah perjalanan, power bank bisa tetap kamu gunakan. Sementara charger ponsel tidak. Karena masih bergantung pada arus listrik dari colokan.

Sumber: unsplash.com/Ali Yahya

Cukup dengan membawa power bank, kamu sudah bisa charge Hp dimanapun. Soalnya, power bank sudah dilengkapi dengan kabel data yang bisa langsung kamu gunakan untuk charge Hp dimana saja. Jadi gak perlu ribet lagi deh buat cari colokan saat baterai Hp kamu dalam kondisi sekarat.

2. Mobilitas

Selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah mobilitas. Penggunaan charger harus dilakukan di dalam rumah atau tempat-tempat yang memungkinkan tersedianya colokan. Perlu diingat, jika mengisi baterai Hp menggunakan charger akan membatasi pergerakanmu loh.  Karena mau tidak mau kamu harus tunggu sampai baterai Hpmu penuh dulu.

 

Sumber: unsplash.com/ANGELA FRANKLIN

Menunggu Hp yang sedang dicharger tentu sangat tidak efisien. Apalagi jika kamu sedang berada di tempat umum seperti cafe. Sementara itu, power bank memungkinkan kamu untuk tetap produktif karena bisa dibawa kemana-mana. Gak perlu lagi deh tuh duduk termenung di sebelah colokan demi charge Hp~

 

3. Pertimbangan Port

Port menjadi salah satu hal yang harus kamu perhitungkan. Karena port merupakan hal penting saat kamu akan melakukan charge Hp. Tidak semua charger cocok loh untuk semua tipe Hp. Hal ini dikarenakan bentuk port yang berbeda-beda. Sehingga saat kamu charge Hp menggunakan charger, jangan lupa harus disesuaikan dengan bentuk dari port yang ada yah.

 

     Sumber:unsplash.com/ Steve Johnson

Namun, berbeda dengan power bank. Banyak power bank yang memiliki port untuk dapat diakses oleh semua jenis model charge pada Hp. Umumnya setiap power bank dilengkapi dengan satu port universal. Namun, selain port universal tersebut ada beberapa ‘lubang’ lain dalam power bank. Sehingga kamu bisa menggunakannya untuk nge-charge lebih dari satu Hp dalam waktu bersamaan.

Port universal yang banyak pada power bank tentu menjadi kemudahan bagi penggunanya. Tak hanya dapat melakukan banyak charge sekaligus, power bank juga membuat para penggunanya tak perlu lagi mengalami kesulitan untuk mencari port saat ingin digunakan. Karena biasanya setiap power bank sudah dilengkapi dengan port universal.

4. Penggunaan dalam Keadaan Darurat

Waduh, Mati Lampu! Keadaan darurat seperti ini nih sering banget dialami banyak orang. Belum lagi kalo tiba-tiba Hp kamu juga ikutan mati. Nah, cara mengatasinya kamu bisa pakai power bank. Namun, akan sulit jika kamu tetap ingin menggunakan charger yang tentunya masih memerlukan arus listrik dari colokan untuk bisa charge Hp kamu.

Sumber: unsplash.com/Isabell Winter

Sebenarnya untuk kebutuhan charge Hp baik menggunakan charger bawaan maupun power bank, keduanya tentu memiliki kelebihan masing-masing. Kalau kamu suka paket komplit dan gratisan untuk charge Hp kesayanganmu, menggunakan charger bawaan tentu merupakan pilihan yang tepat. Tetapi jika kamu memang termasuk kategori orang dengan mobilitas tinggi, kamu butuh charge Hp menggunakan power bank yang tentunya bisa kamu  bawa kemana saja. Walaupun power bank bukan termasuk sebagai aksesoris bawn pada saat kamu membeli Hp.

Nah, buat kamu yang lebih nyaman nge-charge Hp pakai power bank tapi masih ragu mengeluarkan kocek banyak untuk membelinya, kamu bisa banget cobain #CegahLowbatt pakai Power Bank ReCharge! Hanya dengan mengunduh aplikasi ReCharge yang telah tersedia di Google Play Store dan App Store, kamu bisa sewa power bank dari 350++ ReCharge Station (mesin tempat menyewa power bank) yang telah tersebar di 200 lokasi strategis di Jabodetabek dan Bandung.

Jangan lupa top up Saldo ReCharge kamu di mana kamu bebas pilih metode pembayarannya, mulai dari GO-PAY, OVO, Transfer Bank, Internet Banking dan lain-lain.

Setelahnya kamu bisa sewa Power Bank ReCharge dan voila! Power Bank ReCharge siap digunakan. Baterai Hpmu yang lowbatt juga terselamatkan! So, tunggu apalagi? Yuk #CegahLowbatt Hp kamu dengan Power Bank ReCharge!