Gak Mau kan Beli Baterai Hp terus?

Baterai merupakan komponen paling penting pada handphone (Hp). Tanpa baterai, sebuah Hp tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Sering diremehkan, ternyata kebiasaan nge-charge Hp sangat mempengaruhi usia baterai itu sendiri. Wah kira-kira gimana ya cara nge-charge yang benar biar baterai Hp kamu awet? Gimana caranya? Yuk langsung aja simak tipsnya berikut ini: 

1. Charge Baterai sebelum Habis

Jangan biasakan charge baterai setelah habis dengan indikator yang menunjukkan angka 0%. Hal tersebut justru akan berdampak buruk, karena bisa mengurangi usia baterai Hp.

Sumber: unsplash.com/Pascal Brändle

Idealnya, lakukan charge Hp saat daya sudah menunjukkan angka 30%-40%. Karena itulah saat yang tepat untuk bisa charge Hp kamu. So, baterai Hp kamu bisa tahan lebih lama dan gak gampang rusak deh.

2. Cabut Charger sebelum Daya 100%

Sumber: freepik.com

Charge Hp yang benar dan masih sering diabaikan banyak orang adalah mencabutnya sebelum indikator mencapai angka 100%. Banyak orang salah kaprah dengan bermaksud charge penuh baterai agar awet dan tahan lama saat digunakan. Jika kamu nge-charge Hp sampai 100% justru akan mengakibatkan daya baterai menjadi overload dan menurunkan kinerja baterai Hp kamu. Jadi, mulai sekarang jangan lagi deh mengisi baterai sampai 100%. Cabut charger sebelum daya penuh yah.

Sebaiknya, biasain deh matiin Hp saat lagi nge-charge. Dengan begitu baterai kamu akan semakin awet dan tahan lebih lama.

3. Hindari Charge Hp pakai Laptop atau PC

Sumber: freepik.com/

Hindari deh nge-charge Hp pakai port USB lewat laptop atau komputer. Karena proses charging menjadi lebih lama, mengingat arus yang masuk ke baterai Hp kamu sangat kecil. Awas! bisa-bisa malah Hp kamu yang jadi rusak.

4. Lepas Casing Hp saat Nge-charge

Sebagian jenis Hp akan terasa hangat bahkan panas saat sedang di charge. Hal ini terjadi karena pembuangan panas terganggu. Jika dibiarkan terus-menerus, maka panas tersebut bisa merusak baterai bahkan Hp kamu loh.

            

Sumber: unsplash.com/Suika Ibuki

Sebaiknya lepas casing Hp kamu saat nge-charge yah, agar panas dari proses nge-charge bisa keluar dan terhempas di udara. Dengan begitu, tidak akan mengganggu kinerja baterai Hp kamu deh.

5. Jangan Nge-charge Semalaman

Nah, ini dia yang biasa jadi kekhilafan pada setiap orang, yaitu charge Hp saat mau tidur di malam hari. Letak salahnya adalah kamu tertidur ketika proses charging sedang berlangsung, sehingga baterai hp bablas terisi semalaman.

Sumber: freepik.com/

Hal ini akan berefek buruk pada baterai Hp kamu, karena akan merusak komponen di dalamnya. Dampaknya, baterai kamu bisa gak berfungsi maksimal lagi. Jika hal ini terlalu sering terjadi, maka baterai akan mengalami drop atau mudah habis daya.

6. Charge Baterai di Pagi Hari

Sumber: freepik.com/

Untuk kamu yang pelupa atau mudah tertidur, sebaiknya charge Hp di pagi hari sebelum berangkat kerja atau beraktivitas. Jurus ini cukup ampuh loh untuk menghindari charging Hp semalaman. Karena arus daya pada baterai jadi lebih terkontrol dan terselamatkan dari resiko buruk overload dan drop.

Gimana, gampang banget kan tips-tips di atas? Nah, buat kamu yang males nyari colokan, bisa banget loh buat charge Hp pake Power Bank ReCharge. dengan cara:

  1. Kamu bisa download aplikasinya via GooglePlay atau App Store
  2. Kemudian langsung registrasi dengan masukkin nomer handphone kamu,
  3. Top-Up Saldo ReCharge kamu, bisa via OVO, GO-PAY, Internet banking, transfer ATM, dll
  4. Silahkan cari ReCharge Station terdekat dari posisi kamu berada
  5. Yey! Power Bank ReCharge siap kamu pakai
  6. Oh iya! kalo udah selesai pakai power bank-nya, jangan lupa buat #BalikinSegera ke  ReCharge Station terdekat yaa.

Selamat nyobain pengalaman baru #CegahLowbatt sama ReCharge!